By admin

0

6 Cara Menangani Anak Terlambat Bicara

6 Cara Menangani Anak Terlambat Bicara

Categories : Parenting

Tahap penting dalam tumbuh kembang anak salah satunya adalah kemampuan berbicara. Banyak ditemukan kasus dimana anak terlambat bicara pada usia idealnya. Rangsangan bahasa pada anak seharusnya dilakukan semenjak dini. Agar anak Anda tidak mengalami speech delay, berikut adalah 6 cara menangani anak terlambat bicara.

  1. Ajak Diskusi Sederhana

Rajin mengajak anak Anda untuk mengobrol adalah salah satu cara yang cukup efektif. Ajak berdiskusi tentang hal menarik bagi mereka. Bahas tentang kartun kesukaan atau kegiatan yang telah Ia lalui. Tak perlu menggunakan kalimat panjang, gunakan bahasa sederhana yang mudah dipahami. Ciptakan suasana nyaman saat berdiskusi agar anak juga tertarik.

  1. Ajari Bernyanyi Bersama

Bernyanyi termasuk kegiatan menyenangkan bagi anak Anda. Buat suasana bernyanyi yang santai. Berikan lagu anak yang memiliki bahasa sederhana dan nada yang mudah diikuti. Lakukan dengan memberi gerakan tarian agar anak merasa ikut tertarik. Bernyanyi membuat anak mempelajari bahasa dan kosakata baru. Hindari lagu yang dikhususkan untuk dewasa.

Tidak perlu berganti lagu untuk setiap harinya. Yang terpenting adalah, anak belajar dengan kosakata yang baru. Jika satu lagu yang diberikan sudah baik, berikan lagu lain untuk dinyanyikan. Mengajaknya menari dan bernyanyi juga dapat membantu perkembangan motorik dan sensorik anak. Buat anak suka terhadap lagu agar kelak memicu kognitifnya.

  1. Bacakan Dongeng atau Buku Cerita

Bercerita dengan buku yang dilengkapi gambar dapat menarik perhatian anak. Dapat meningkatkan kemampuan imajinasi dan menambah kosakata baru. Membacakan cerita dapat memberikan anak waktu berkualitas dengan Anda. Berikan cerita yang mengandung pesan moral dan kebaikan di dalamnya. Lakukan di malam hari jika Anak ingin tidur.

  1. Terapi Bicara

Terapi ini digunakan untuk menstimulasi verbal pada anak. Anda bisa mendiskusikan dengan terapis ahli keterlambatan bicara anak. Terapis akan memberikannya berbagai rangsangan yang bersifat menarik, agar anak tertarik. Cara lain dengan mengajaknya bermain sambil berbicara, mengajarkan bahasa isyarat hingga memperkenalkannya dengan kartu bergambar.

  1. Biasakan Membuat Narasi

Anda bisa memulainya dengan menceritakan benda yang Ia pegang atau pakaian yang sedang dipakai. Hal ini juga dapat membantu mengetahui barang tertentu kepada anak. Terapkan hal ini di setiap aktivitasnya, agar Ia terbiasa mendengarnya dan belajar. Gunakan kalimat lengkap seakan-akan Anda adalah lawan bicara satu-satunya.

  1. Puji Perkembangannya

Berikan senyum dan pujian ketika dia berbicara kosakata baru. Umumnya, anak juga belajar bicara dari reaksi orang di sekitarnya. Usahakan melepas dot di mulutnya, agar kata-kata baru mudah terucap dan terdengar darinya. Gunakan pujian yang ekspresif sehingga empati anak juga dapat berkembang di usia dini.

Berikut tadi adalah beberapa cara mengatasi anak terlambat bicara. Ketika mengajari anak berbicara, orangtua juga harus bertindak selayaknya anak kecil. Konsultasikan ke dokter apabila melihat kejanggalan pada anak Anda. Lakukan pengecekan terutama indera pendengaran jika pada umur tertentu belum mampu mengucapkan beberapa kata.