By admin

0

Bagaimana Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Sejak Dini?

Bagaimana Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Sejak Dini?

Categories : Parenting

Kepercayaan diri seringkali dianggap sebagai suatu watak atau bawaan dari lahir. Padahal,  hal tersebut tidaklah benar sebab kepercayaan diri bisa ditumbuhkan sejak dini. Oleh sebab itu, ada baiknya jika para orang tua mencari cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak yang sesuai dengan karakter masing-masing anak.

5 Cara mudah menumbuhkan percaya diri

Sebenarnya, ada banyak sekali cara untuk menumbuhkan rasa percaya diri terutama untuk anak-anak yang pemalu. Namun, hampir semua cara tersebut membutuhkan peranan orang tua agar berhasil dengan baik. Sebagai contoh, berikut 5 cara mudah yang bisa kalian tiru.

  1.   Menghargai usaha anak

Meski masih kecil, seringkali anak-anak sudah tahu apa yang disebut dengan usaha atau kerja keras. Oleh sebab itu, para orang tua sebaiknya selalu menghargai setiap usaha yang dilakukan oleh anak. Tidak peduli hasilnya menang atau kalah yang penting berikan pemahaman pada anak jika proses lebih penting dibandingkan dengan hasil.

  1.   Berikan pujian

Sebagian orang tua kadang merasa malu ketika memuji anak terutama di depan umum. Ada juga yang beranggapan jika pujian bisa menyebabkan anak menjadi sombong. Hal ini tidaklah benar sebab beberapa penelitian justru menyebutkan jika pujian bisa memotivasi anak untuk lebih percaya diri dan berusaha lebih baik.

  1.   Hindari mengkritik penampilan

Meski masih kecil, anak-anak bisa peka soal penampilan. Oleh sebab itu, orang tua sebaiknya berhati-hati ketika berkomentar tentang penampilan anak. Jika orangtua salah berucap maka rasa percaya diri anak bisa langsung hancur. Bahkan bisa jadi anak akan mengalami trauma. Lebih baik berikan saran yang membangun ketika bicara dengan anak.

  1.   Ajarkan untuk berani

Sangat penting untuk menanamkan keberanian sejak kecil. Dengan begitu anak-anak bisa lebih percaya diri terutama ketika menghadapi hal-hal baru. Untuk itu, orang tua perlu memberikan tantangan baru agar anak bisa keluar dari zona nyaman.

  1.   Rutin melakukan olahraga atau aktivitas fisik

Menurut beberapa penelitian. Melakukan olahraga secara rutin mampu meningkatkan rasa percaya diri baik untuk anak maupun orang dewasa. Selain bisa berinteraksi dengan orang lain, olahraga juga bisa menghilangkan depresi sehingga membuat tubuh anak lebih segar dan bugar.

Selain olah raga rutin, mengkonsumsi makanan sehat juga dipercaya bisa meningkatkan rasa percaya diri anak. Hal ini dikarenakan anak-anak yang sehat cenderung lebih bahagia dan mau bersosialisasi dengan orang banyak.

Oleh sebab itu, kalian para orang tua sudah sepatutnya memberikan makanan bergizi seperti sayur, buah, daging serta susu khusus untuk anak-anak seperti Milo. Hal ini disebabkan selai dikenal enak ternyata Milo juga memiliki  vitamin serta mineral yang tinggi dan bagus untuk pertumbuhan Si Kecil.

Tidak hanya itu, Milo terbaru juga sudah dilengkapi dengan Activ-Go yang terdiri dari protomalt, vitamin B kompleks, vitamin C, kalsium serta zat besi guna melengkapi kebutuhan energi anak selama beraktivitas. Rasanya juga sangat enak dan disukai anak-anak.

Berikut  adalah bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Meskipun terlihat sulit tapi jika dilakukan dengan sabar maka seiring waktu anak perlahan-lahan akan berubah berkat dukungan dan contoh dari orang tua. Oleh sebab itu, jangan ragu-ragu untuk menggunakan semua cara di atas.