By admin

0

Dalam Ajaran Islam Mahar Adalah Hak Istri yang Harus Dikeluarkan Oleh Suami

Dalam Ajaran Islam Mahar Adalah Hak Istri yang Harus Dikeluarkan Oleh Suami

Categories : Lifestyle

Dalam Ajaran Islam Mahar Adalah Hak Istri yang Harus Dikeluarkan Oleh Suami merupakan artikel yang membahas tentang hak istri (mahar). Dalam Islam mahar adalah salah satu hak istri, yang merupakan haknya untuk mengambil secara total dan halal baginya, berbeda dengan praktik yang tersebar luas di beberapa negara, di mana sang istri tidak diberi mas kawin.

Bukti bahwa istri harus diberikan maharnya ditemukan di banyak tempat, misalnya ayah (interpretasi makna): “Dan berikan kepada wanita (yang Anda nikahi) mahar mereka (uang pengantin wajib diberikan oleh suami kepada istrinya pada saat pernikahan) dengan hati yang baik…” [al-Nisaa ‘4: 4].

Ibn Katheer, semoga Allah merahmatinya, berkata: “Ini berarti: jika ada di antara Anda yang ingin menceraikan istrinya dan menggantikannya dengan istri lain, Anda tidak boleh mengambil apa pun dari apa yang telah Anda berikan kepada istri pertama, bahkan jika itu adalah kekayaan dalam jumlah besar. Mahr diberikan sebagai ganti hak untuk menikmati hubungan perkawinan. Untuk alasan ini, Allaah mengatakan (interpretasi dari makna): “Dan bagaimana Anda bisa mengambilnya (kembali) ketika Anda telah pergi ke satu sama lain…?” “Perjanjian yang kuat dan kuat” adalah kontrak pernikahan.

Anas ibn Maalik, semoga Allah senang dengan dia, melaporkan bahwa ‘Abd al-Rahmaan ibn’ Auf datang ke Rasulullah (damai dan berkah Allah besertanya), dan ada jejak kuning (parfum) pada dirinya. Rasulullah (damai dan berkah dari Allah besertanya) bertanya kepadanya tentang hal itu, dan dia mengatakan kepadanya bahwa dia baru saja menikahi seorang wanita dari Ansaar. Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) bertanya kepadanya, “Berapa banyak yang Anda berikan padanya?” Dia berkata: “Emas sama dengan berat satu batu tanggal.” Rasulullah (damai dan berkah Allah akan kepadanya) berkata: “Berikan waleemah (pesta pernikahan) bahkan jika hanya dengan satu domba”.

Bagaimana Firman Allah Tentang Hak Mahar Bagi Seorang Istri ?

Allah berfirman (interpretasi artinya): “Tetapi jika kamu berniat untuk mengganti istri dengan yang lain dan kamu telah memberikan salah satu dari mereka sebuah cantar (emas, yaitu, jumlah yang besar) sebagai mahar, tidak mengambil sedikit dari itu kembali ; apakah Anda akan mengambil secara salah tanpa hak dan (dengan) dosa yang nyata? Dan bagaimana Anda bisa mengambilnya (kembali) ketika Anda telah pergi ke satu sama lain, dan mereka telah mengambil dari Anda perjanjian yang kuat dan kuat? ” [Al-Nisaa ‘4: 20-21]