By admin

0

Kandungan dan Manfaat Kolang Kaling bagi Tubuh

Kandungan dan Manfaat Kolang Kaling bagi Tubuh

Categories : Kesehatan

Buah dari pohon palem-paleman ini lebih sering ditemui saat menjelang Ramadhan. Buah muda ini umumnya  dimasak sebagai manisan buah dan disajikan sebagai pelengkap minuman. Kaya akan nutrisi menjadikan kolang-kaling banyak  diminati untuk diolah. Pahami kandungan serta manfaat kolang kaling bagi  kesehatan badan.

Kandungan

1.      Vitamin C

Buah muda memiliki kandungan vitamin C sebanyak 89.9 Mg. Lebih rendah dibandingkan buah yang sudah matang. Semakin matang kolang-kaling, maka kandungan vitaminnya akan semakin banyak. Kolang-kaling matang memiliki kandungan sebanyak 162,04 Mg.

2.      Pati

Kandungan pati menjadikan kolang-kaling cocok dijadikan untuk makanan diet. Pati memberikan efek mengenyangkan sekaligus menghentikan nafsu makan. Kandungan pada buah  muda sebanyak 74,58% cukup banyak dibandingkan buah yang sudah matang sekitar 53,01%.

3.      Serat Kasar

Serat berguna untuk memperlancar pencernaan sehingga tidak dapat menyebabkan gemuk. Mencegah penyakit kanker usus dan kolesterol. Jumlah serat sebanyak 14,03% lebih kaya di buah  muda daripada buah yang matang.

4.      Kalsium

Kandungan zat lainnya pada kolang-kaling dapat digunakan sebagai pengganti susu. Kalsium tersimpan cukup banyak pada buah yang tua sejumlah 0,59%. Sedangkan pada buah yang muda kandunganya sedikit, hanya sekitar 0,24%.

5.      Zat Besi

Zat yang mampu membantu mengontrol tekanan darah. Berbanding lurus dengan jumlah kalsium, zat besi pada buah muda lebih sedikit. Hanya sebesar 0,84 ppm. Sedangkan jumlah pada buah  matang sebanyak 1,58 ppm.

Manfaat

1.      Memperbaiki Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium berperan penting bagi tulang terutama mencegah osteoporosis. Meski memiliki kandungan  lebih rendah dari susu, namun keuntungannya kalori pada kolang kaling lebih rendah. Sehingga tak akan menaikkan berat badan.

2.      Menangani Radang Sendi

Jenis karbohidrat yang terkandung berupa galactomannan yang umumnya digunakan sebagai bahan obat-obatan sendi. Fungsi dari galactomannan sendiri sebagai penghilang rasa sakit pada sendi. Cara mengolahnya cukup dengan direbus tanpa pemanis dan tanpa pewarna.

3.      Memperlancar Pencernaan

Jenis serat yang terkandung dalam kolang-kaling yaitu serat kasar. Serat ini efektif untuk melancarkan jalannya makanan di dalam usus. Sehingga pencernaan lancar dan sistem imun lebih terjaga.

4.      Menyehatkan Ginjal

Karbohidrat jenis lain yang terkandung berupa sukrosa dan glukosa. Selain itu kaya akan kandungan air yang meringankan kerja ginjal. Fungsi ginjal sendiri menyaring kandungan gizi yang masih tersimpan di  dalam air. Kandungan-kandungan mineral lainnya juga membantu menyehatkan fungsi ginjal. Beberapa jenis kolang-kaling dipercaya mampu mengobati impotensi.

Itulah kandungan serta manfaat kolang kaling yang bisa diperoleh dengan mengonsumsinya. Buah yang paling banyak diminati sebagai pelengkap karena mudah dalam pengolahannya. Cukup dijadikan manisan yang dapat langsung dikonsumsi maupun diawetkan dan disimpan.