By admin

0

Mpasi 6 Bulan

Manfaat Belum Memberikan Makanan Pengganti ASI Atau Mpasi 6 Bulan

Categories : Kesehatan

Banyak dari orang tua kadang tidak sabar untuk memberikan anak nya untuk dikasih makanan pengganti ASI dengan pilihan makanan berat. Tetapi, sebelum memasuki masa selama 6 bulan bayi masih wajib untuk ditemani ASI, karena ada berbagai dampak yang memberikan dampak positif untuk tumbuh kembang anak Anda, itulah pentingnya mpasi 6 bulan.

Untuk beberapa ahli pun sudah sepakat untuk memberikan makanan pengganti setelah bayi sudah 6-9 bulan bahkan ada juga 12 bulan lebih yang menunda, karena ada beberapa alergi bawaan. Untuk Anda yang menunda mengganti ASI dan beralih ke makanan berat, berikut ini ada beberapa manfaat untuk bayi Anda, simak ulasannya

1. Meningkatkan perlindungan dan terhindar dari penyakit

ASI berperan penting untuk memenuhi kekebalan bayi dan paling besar terdapat pada bayi yang diberikan ASI eksklusif, sekarang ini ASI memiliki jumlah kandungan 50 lebih untuk membantu proses kekebalan bayi. Misalnya, jika terjadi serangan pernapasan, bayi dengan diberi ASI terutama ASI Eksklusif akan berkurang dibanding dengan diganti dengan makanan padat.

2.  Meningkatkan pencernaan bayi agar lebih sempurna

Penting untuk memahami berbagai kondisi ketika bayi Anda belum mampu untuk mencerna makanan padat sebagai pengganti ASI, hal ini akan berpengaruh pada sistem pencernaannya dan bayi akan merasakan perut kembung dan sembelit.

3. Terhindari dari potensi alergi makanan

Ketika bayi masih berumur antara 3-6 bulan memiliki kondisi kekebalan tubuh yang belum sempurna yang akan menyebabkan potensi alergi makanan. Bayi seharusnya masih menjalani mpasi memiliki usus besar yang terbuka dan usus kecil berpotensi makromolekul masuk ke protein dan patogen dalam darah, yang belum mempunyai antibodi dan baru ada ketika memasuki 6 bulan dan usus besar pun menutup dengan sendiri pada usia segitu dan sudah mampu menerima makanan padat.

4. Membantu melindungi bayi dari penyakit anemia akibat kekurangan zat besi

Makanan pengganti asi selama 6 bulan atau dikenal mpasi 6 bulan dapat diberikan ketika bayi Anda masuk pada usia 6-9 bulan yang bertujuan untuk membantu bayi Anda agar terhindar dari penyakit anemia yang diakibatkan oleh kurangnya zat besi. Program asi 6 bulan dan diberikan eksklusif memiliki kandungan hemoglobin tinggi dibandingkan pengganti makanan berat yang mampu mempertahankan nilai hemoglobin dan dapat menyimpan zat besi dalam tubuh bayi Anda.

5. Menghindarkan bayi dari obesitas di masa perkembangannya

Menurut penelitian yang ada, bayi diganti akan makanan padat akan berdampak pada lemak tubuh dan pengaruh pada berat badannya pada masa kanak-kanak.

6. Dapat membantu ibu menjaga produksi air susunya

Hal ini akan membantu ibu untuk terus berproduksi air susunya, karena jika ASI dikeluarkan secara rutin akan berdampak pada produksi tersebut. Dengan begitu ikuti program 6 bulan ASI agar bayi Anda belum merasakan berbagai rasa dari makanan pengganti ASI yang akan berdampak berhentinya untuk menyusu pada ibunya.

7. Ada ruang untuk bayi

Ketika bayi masih terus diberikan asi selama 6 bulan terutama ASI eksklusif, maka akan mencegah proses kehamilan yang akan berdampak pada kebutuhan gizi dan kasih sayang dari orang tuanya, sehingga bayi memiliki ruang untuk tumbuh kembangnya.

8. Memperkenalkan makanan padat lebih mudah

Jika program mpasi 6 bulan tepat diberikan akan memudahkan bayi dalam menyesuaikannya, sehingga bayi dapat untuk makan sendiri, mudah untuk perkenalkan jenis makanan, dan tidak berdampak pada alergi.

Demikianlah pembahasan untuk tidak memberikan mpasi 6 bulan sebelum memasuki usia tersebut, penting untuk memperhatikan tumbuh kembang bayi dan menjaga bayi agar terhindar dari berbagai penyakit.