By admin

0

Suka Jajan Sembarangan? Yuk Simak Efek Buruknya Untuk Kesehatan

Suka Jajan Sembarangan? Yuk Simak Efek Buruknya Untuk Kesehatan

Categories : Lifestyle

Siapa yang suka jajan sembarangan? Tahu nggak kalo jajan sembarangan bisa menyebabkan sakit perut? Jajan sembarangan utamanya jajan di pinggir jalan biasanya cenderung akan menyebabkan sakit perut. Hal ini dikarenakan jajan di pinggir jalan lebih mudah terpapar debu dan beragam jenis kotoran lainnya. Sehingga makanan ini cenderung kurang menyehatkan untuk dikonsumsi.

Jajanan pinggir jalan biasanya dimasak dengan mengesampingkan higienitas. Selain minim kebersihan, jajanan pinggir jalan juga dibuka sepanjang hari dan terpapar debu serta panas. Hal ini semakin menyebabkan bakteri dalam makanan tersebut meningkat. Dimana hal ini menyebabkan makanan pinggir jalan tidak aman untuk dikonsumsi oleh tubuh. Ada baiknya kamu memasak sendiri makanan yang akan dikonsumsi.

Jadi apa saja ciri makanan yang aman dikonsumsi oleh tubuh? Makanan yang aman dikonsumsi tubuh dan memberikan nutrisi yang baik dapat dijabarkan sebagai berikut :

  1. Dimasak menggunakan peralatan dan dilingkungan yang bersih
  2. Masakan dimasak dengan matang dan diperbarui 2 jam sekali
  3. Masakan tidak terpapar di ruang terbuka dalam waktu lama
  4. Bahan baku pembuatan makanan juga berkualitas baik
  5. Bahan pengemas makanan juga mendukung keamanan makanan untuk dikonsumsi

Lima ciri makanan diatas merupakan ciri jajanan yang sehat dan layak konsumsi. Memang agak menyulitkan dan terkesan ‘ribet’. Tetapi makanan yang menerapkan kelima poin diatas akan memberikan nutrisi baik untuk tubuh ketika dikonsumsi. Bisa dikatakan makanan yang aman untuk dikonsumsi adalah makanan yang menerapkan keamanan pangan (food safety).

Keamanan pangan (food safety) sendiri merupakan serangkaian proses dan upaya yang dilakukan untuk mengolah makanan yang aman dikonsumsi. Jadi, makanan yang layak disajikan di meja makan keluarga adalah makanan yang menerapkan keamanan pangan (food safety). Perusahaan besar maupun usaha UMKM yang memproduksi makanan saja harus menerapkan sistem ini agar produknya memiliki ijin edar di kalangan masyarakat, loh!

Nah, jika kamu menganggap keamanan pangan (food safety) merupakan sesuatu yang berlebihan untuk jajan aja, ada baiknya kamu melihat apa saja penyakit yang dapat disebabkan oleh konsumsi jajanan sembarangan yang tidak memperhatikan keamanan dan kesehatan berikut :

  1. Diare

Konsumsi jajanan sembarangan akan menyebabkan diare. Hal ini dikarenakan jajanan yang tidak memperhatikan kebersihan ketika pembuatan maupun penyajiannya akan mudah dihinggapi oleh mikroba. Nama mikroba yang dapat menginfeksi makanan adalah salmonella. Dimana mikroba ini akan menyebabkan diare.

  1. Tifus

Tifus juga bentuk lain dari infeksi mikroorganisme patogen yakni Salmonella thypi yang akan menyebabkan sakit tifus. Dimana mikroorganisme ini akan menginfeksi saluran cerna sehingga menyebabkan sakit diare bahkan infeksi sistem pencernaan. Sebab itu, penting selalu menerapkan keamanan pangan (food safety) dalam konsumsi pangan harian.

  1. Gagal ginjal hingga kanker

Apa hubungannya makanan jajanan sembarangan dengan gagal ginjal? Makanan jajanan sembarangan banyak menggunakan bahan pengawet dan pewarna tambahan yang dapat menyebabkan ginjal bekerja dengan keras. Hal ini menyebabkan penyakit ginjal mudah diderita anak – anak sedari dini. Bahkan case terburuknya bisa menyebabkan kanker. Berbahaya sekali bukan?